Selamat untukmu, aku kapan ya ?

Minggu pagi di sebuah masjid di seputar Senayan. Ini pernikahan ketiga bulan ini yang kuhadiri. Setiap minggu teman perempuanku menikah satu demi satu. Menyaksikan teman-teman yang (pernah) senasib berjuang mencari cinta di usia 30an itu,akhirnya berlabuh bersama lelaki pilihan mereka masing-masing sungguh membuatku terharu.
 
Teman yang pernikahannya kuhadiri hari ini, akhirnya memilih adik kelasnya semasa kuliah untuk menjadi suami. Perjuangan yang alot untuk mendapatkan restu sang bunda selama setahun terakhir ini akhirnya berakhir hari ini. Aku berbahagia untuknya.
Perempuan keturunan Arab, biasanya “harus” menikah dengan laki-laki keturunan Arab juga, itupun seringkali melalui mekanisme perjodohan yang diatur para tetua.
 
Hal itulah yang membuat temanku harus berjuang keras,karena sang adik kelas bukan keturunan Arab, kurang ganteng dan kurang kaya harta menurut ukuran ibunya. Tapi bila hati sudah bertaut, chemistry sudah melekat, apapun harus dilakukan untuk bersatu.
 
Tangisan, pertengkaran, dan perdebatan yang menyesakkan dengan sang bunda mewarnai hari-hari perjuangan temanku itu. Rencana pernikahan sempat nyaris batal. Aku hanya bisa menjadi pendengar setia untuk setiap curahan hatinya. Ikut deg-degan menyaksikan setiap scene dalam kisah percintaan dua anak manusia berbeda ras ini.
 
Perjuangan itu berakhir hari ini,ketika ijab kabul terlaksana. Mereka resmi menjadi pasangan suami istri. Ikatan yang mereka ingin bangun bersama. Perjuangan baru pun dimulai,untuk mempertahankan mahligai ini sepanjang hayat, dan mengisinya dengan hari-hari penuh cinta dan kasih.
 
Aku turut bahagia untuk mereka.Mataku berkaca-kaca melihat mereka tersenyum di pelaminan. Teringat hari-hari penuh tangis dan pergulatan untuk menjaga asa itu tetap hidup.
 
Terselip tanya di hatiku. Kapankah senyum bahagia itu menjadi milikku ?

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: